Motor Listrik

Versi Full-Fairing, Motor Sport Listrik Yadea Kemper RC Resmi Meluncur

DRF.com – Setelah hadir di ajang EICMA 2023 dengan menampilkan molis naked Kemper, Yadea kali ini mengenalkan motor listrik dengan gaya sport full-fairing yakni Kemper RC. Secara spek penggerak akan tetap sama seperti model nakednya, namun banyak bagian lain yang jauh berbeda. Jadinya tidak sama persis, tapi apa saja perbedaannya?

Dengan Bodi Motor Sport

Ya.. Seperti yang sudah dijelaskan, Ia hadir dengan bodi full fairing yang sporty tapi ada bedanya selain di bagian bodi. Stang baru yang dibikin lebih rendah, sehingga pengendaranya akan lebih menunduk, dan menariknya model RC ini menggunakan swingarm model single-sided (satu sisi) jika dibandingkan Kember yang pakai swingarm biasa. Motor ini di desain lebih ke arah sport-touring, karena terlihat ergonomi berkendaranya tidak terlalu nunduk.

Swingarm satu sisi tadi terhubung pada suspensi monoshock dari KYB dan suspensi depan upside-down dari KYB juga. Yang berbeda lagi ada di pengereman depannya yang sudah menggunakan cakram ganda 310 mm dengan sepasang kaliper Brembo di depan dan rem cakram di belakang.

Yadea Kemper

Penggerak yang Sama

Tetap dengan motor listrik yang berada di tengah, mampu mengeluarkan tenaga maksimal 40 kW sekitar 53,6 Hp dan torsi badak 570 Nm yang diklaim dari 0-100 km/j hanya butuh waktu 4,9 detik saja. Dengan sistem penggerak yang sama seperti Kemper, motor ini telah sesuai dengan standar aturan lisensi A2 di Eropa. Tenaganya disuplai oleh baterai 320V 20Ah dari CATL yang mendukung pengisian daya Tipe 2 dan CCS Combo 2.

Dengan menggunakan pengisian daya tersebut, Yadea mengklaim kalau pengisian baterainya super kencang dari 0 sampai 80 persen dalam 10 menit saja. Mereka juga mengatakan setelah tiga ribuan setelah pengisian daya, kondisi baterainya akan tetap stabil diatas 70 persen. Mendukung sampai lebih dari 8.000 kali cas sampai baterai rusak. Pabrikan sampai saat ini masih belum memberikan informasi berapa jarak tempuh dalam sekali cas, begitu juga dengan harganya dan bahkan sampai sekarang Kemper yang meluncur duluan juga belum ada harga resminya.

Soal fiturnya seperti panel instrumen layar TFT 7 inci, pencahayaan full LED, ada juga kamera dengan resolusi 1080p yang bisa merekam perjalanan di depan. Tak ketinggalan sistem ABS 2-Channel, kontrol traksi dan wheelie control hadir pada motor sport listrik ini yang bisa diatur lewat layar tadi, ataupun juga bisa lewat aplikasi di ponsel karena motor ini sudah mendukung koneksi ke ponsel penggunanya.

Daffa Raihanza Fauzan

Recent Posts

Yamaha Mio Gravis : Kembaran FreeGo 125 Ini Dapat Model Baru, Harganya Lebih Mahal?

DRF.com - Produsen motor Yamaha Motor Philippines baru saja meluncurkan skutik premium, Yamaha Mio Gravis…

17 hours ago

TVS Bakal Menghadirkan Molis iQube ke Indonesia?

DRF.com - Pabrikan motor asal India yakni TVS baru saja merilis model baru motor listrik…

21 hours ago

Ducati Desmosedici GP3 Bekas Troy Bayliss Dilelang Rp 7 Miliar Lebih!

DRF.com - Sangat jarang pabrikan yang berada di balap MotoGP menjual motor balap bekas mereka…

2 days ago

Bebek Sporty Yamaha MX-King 155 Model Baru Resmi Dirilis!

DRF.com - Yamaha Sniper 155 atau MX-King 155 model terbaru baru saja diluncurkan oleh Yamaha…

3 days ago

Yamaha MT-15 Dapat Warna Baru, Tampilan Makin Atraktif

DRF.com - Produsen sekaligus distributor sepeda motor Yamaha, Honda Leong Yamaha Malaysia baru saja kembali…

3 days ago

Honda Kembangkan Teknologi Radar dan Kamera di Motor

DRF.com - Gambar paten dari Honda yang sedang mengembangkan sebuah teknologi sistem radar yang dikombinasikan…

4 days ago