Sepeda Motor

Suzuki Luncurkan V-Strom 800RE Versi Touring yang Siap Dibawa Jalan Jauh!

DRF.com – Model Sport Adventure Tourer, Suzuki V-Strom 800 yang awal dikenalkan secara global di akhir tahun 2022. Kali ini pabrikan tersebut telah meluncurkan V-Strom 800RE yang penggunaannya lebih berfokus untuk jalan raya yang mulus atau untuk touring. Dibanding model sebelumnya yakni V-Strom 800DE yang lebih berfokus untuk off-road.

V-Strom 800RE Versi Touring

Di tahun kemarin 2023, model V-Strom 800DE mendapat versi “Rally Edition” yang fitur yang lebih lengkap untuk mendukung penggunaan off-roadnya. Nah.. sementara V-Strom 800RE nantinya juga akan mendapatkan versi “Touring” yang berbasis dari model standarnya, namun telah dilengkapi dengan sejumlah penambahan kelengkapan untuk penggunaan perjalanan jauh.

Namun secara mekanisnya akan tetap sama, dengan suspensi upside-down dari Showa di depan yang punya travel 220 mm, suspensi belakang yang sudah fully-adjustable, velg 19 dan 17 inci yang dibalut ban untuk jalan raya. Yang berbeda ada di tambahan 3 buah box di belakang dan disamping yang bisa menambah kapasitas total muatan sampai 112 liter (2 box 37 liter, 1 box 38 liter).

Suzuki V-Strom 800RE

Sedikit Penyesuaian di Sektor Mesin

Akan tetap menggunakan mesin dari V-Strom 800 standar, dengan mesin 2 silinder 776cc, DOHC 4 katup per silinder yang mampu memuntahkan tenaga 83,1 Hp pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 78 Nm pada 6.800 rpm. Yang berbeda ada di penyesuaian pada sistem mappingan ECU yang membuat motor ini bisa melaju sampai 130 km/j. Perbedaan lain pada model “Touring” ini ada di posisi footstep yang lebih ke belakang 14 mm dan lebih tinggi 7 mm, stang aluminium lebih rendah 13 mm, lebih ke depan 23 mm dan lebih pendek 15 mm.

Ada juga fitur Quickshifter up & down sebagai bawaan standar, 3 level kontrol traksi (Traction Control), 3 mode berkendara yang dapat diatur lewat layar TFT color dan sektor penerangan sudah full-LED.

Suzuki V-Strom 800RE Details

Suzuki V-Strom 800RE Touring ini dijual di pasar Inggris dengan banderol 11.199 poundsterling atau sekitar Rp 224,4 jutaan, tentu lebih mahal dari model standarnya yang dijual seharga 9.699 poundsterling atau setara Rp 194,3 jutaan. Pilihan warnanya tetap sama dengan total 3 warna, antara lain Pearl Vigor Blue (biru), Metallic Matt Steel Green (hijau keabu-abuan) dan Glass Sparkle Black (hitam).

Daffa Raihanza Fauzan

View Comments

Recent Posts

Dapat Aksesoris dan Warna Baru! Honda Kembali Merilis Dax125

DRF.com - Honda Jepang kali ini baru saja kembali meluncurkan motor yang punya desain legendaris,…

3 hours ago

Benelli TRK 552X : Motor Adventure Ini Dapat Teknologi dan Model Baru

DRF.com - Merek motor asal Tiongkok yang bertempat di Italia, Benelli punya sebuah motor adventure…

6 hours ago

Motor Konsep Baru BMW R20 Concept, Mesinnya Edann!

DRF.com - Mungkin dipikiran kita motor konsep sekarang lebih ke arah listrik, tapi BMW Motorrad…

1 day ago

Versi Lebih Lengkap, CFMoto Siap Merilis 800MT-X

DRF.com - CFMoto sudah lama meluncurkan motor adventure 800MT ke berbagai negara Eropa, kini pabrikan…

2 days ago

Skutik Praktis Honda NW F125 Resmi Dirilis, Desainnya Unyu!

DRF.com - Wuyang Honda, yang memasarkan motor-motor Honda untuk pasar China baru saja meluncurkan NW…

3 days ago

Cruiser Baru yang Pakai Mesin V4, Benda Luncurkan Darkflag 500

DRF.com - Motor cruiser baru asal China dengan konfigurasi mesin yang menarik dan desain khas…

4 days ago