Categories: Sepeda Motor

Dibangun dari Nol! G Craft Kenalkan Monkey from Zero

DRF.com – G Craft, yakni rumah modifikator yang juga sebuah produsen suku cadang dan kelengkapan untuk memodifikasi. Mereka baru saja memperkenalkan hasil karya mereka yang telah membangun sebuah Honda Monkey dari nol atau dirakit sendiri. Pada motor ini banyak menggunakan part-part dari G Craft dan banyak bagian menarik.

Monkey from Zero

Motor ini dibangun dengan mengusung “small mini street bike” yang tetap nyaman ketika dibawa, namun dengan gaya desain yang unik. Bagian dapur pacunya tidak disentuh, tetap akan menggunakan basis motornya yakni Honda Monkey dengan mesin 125cc. Rangkanya sudah tidak menggunakan standarnya, Ia sudah menggunakan rangka aluminium buatan G Craft dengan nama GC-020 NERO.

G Craft Monkey from Zero (www.autoby.jp)

Dengan menggunakan rangka tersebut, bagian depannya menjadi lebih panjang 30 mm yang dipasangkan suspensi dari NSR mini 50cc yang ditinggikan dengan velg berukuran 10 inci (lebih besar dibanding standarnya yang 8 inci). Penggunaan itu semua bertujuan bukan hanya di estetika saja, melainkan juga agar roda tidak nempel ke mesin serta posisi berkendara akan menjadi lebih nyaman.

Stang diganti model Tallboy dan klem stang dari G Craft yang bisa dirubah posisinya sebanyak 10 mm dengan mudah. Sementara, swingarm menggunakan model Monkey lawas dengan desain Triple Square yang terhubung pada sepasang suspensi belakang hasil kolaborasi dari G Craft x YSS yang punya tinggi 330 mm. Uniknya lagi, suspensi belakang ini bisa diubah menjadi monoshock. Bagian rantai didesain agar mudah untuk perawatannya yang punya ukuran khusus dan tidak diproduksi banyak.

Hampir Semua Bagian dari G Craft

G Craft Monkey from Zero Details (www.autoby.jp)

Motor yang dibangun oleh G Craft ini hampir di semua bagiannya menggunakan part suku cadang dari perusahaan ini, meliputi spakbor depan belakang yang terbuat dari karbon, lampu depan, bracket kaliper depan belakang, behel, tangki, footstep dan banyak lagi. Namun ada juga bagian yang bukan dari mereka, seperti housing lampu depan Kitaco, lampu sein, kopling Active Galespeed, master rem, selang rem dan kaliper, serta knalpot OVER.

Monkey from Zero sendiri merupakan ciptaan dari Naohiko Yamaguchi yang punya banyak pengetahuan tentang hal-hal teknik otomotif. Untuk berapa banyak yang harus dibayar kalau ingin membangun motor kustom ini, apakah sangat jauh dengan model yang menjadi basisnya? Perkiraan saya mungkin harganya akan jauh lebih mahal dibanding Monkey standar, karena mengingat part yang tertempel pada motor ini cukup mewah.

Daffa Raihanza Fauzan

Recent Posts

Dapat Aksesoris dan Warna Baru! Honda Kembali Merilis Dax125

DRF.com - Honda Jepang kali ini baru saja kembali meluncurkan motor yang punya desain legendaris,…

3 hours ago

Benelli TRK 552X : Motor Adventure Ini Dapat Teknologi dan Model Baru

DRF.com - Merek motor asal Tiongkok yang bertempat di Italia, Benelli punya sebuah motor adventure…

7 hours ago

Motor Konsep Baru BMW R20 Concept, Mesinnya Edann!

DRF.com - Mungkin dipikiran kita motor konsep sekarang lebih ke arah listrik, tapi BMW Motorrad…

1 day ago

Versi Lebih Lengkap, CFMoto Siap Merilis 800MT-X

DRF.com - CFMoto sudah lama meluncurkan motor adventure 800MT ke berbagai negara Eropa, kini pabrikan…

2 days ago

Skutik Praktis Honda NW F125 Resmi Dirilis, Desainnya Unyu!

DRF.com - Wuyang Honda, yang memasarkan motor-motor Honda untuk pasar China baru saja meluncurkan NW…

3 days ago

Cruiser Baru yang Pakai Mesin V4, Benda Luncurkan Darkflag 500

DRF.com - Motor cruiser baru asal China dengan konfigurasi mesin yang menarik dan desain khas…

4 days ago