Sepeda Motor

Kawasaki Kembangkan Jajaran Produk Hybridnya dengan Versys dan Eliminator

DRF.com – Jajaran Kawasaki Hybrid yang masih baru meluncur, yakni Ninja7 Hybrid dan Z7 hybrid hadir dengan format 2 penggerak yang berbeda dari motor lain. Namun tidak lama telah terungkap ada sebuah gambar paten yang tampak ada 2 motor dari Kawasaki, diyakini akan ikut menggunakan sistem hybrid.

Pengajuan Paten Kawasaki

Kawasaki Versys 650

Jika dilihat dari beberapa gambar paten yang diajukan oleh Kawasaki, pabrikan tersebut mendesain bagaimana cara agar 2 penggerak itu bisa disematkan ke dalam Versys dan Eliminator. Contoh pada tangki BBM dan baterai yang penempatannya benar-benar di desain ulang agar tidak banyak merubah bentuk bodi motornya.

Kawasaki Ninja7 Hybrid dan Z7 Hybrid punya rangka, tangki dan penggerak yang sama. Hanya beda di modelnya saja yang satu sportbike dan satu lagi nakedbike. Pada kedua motor itu penempatan baterainya di bawah jok pengendaranya, sehingga posisi tangki BBM tidak dirubah. Namun membuat jarak antar roda jadi lebih panjang.

Nah.. sementara yang diprediksi Versys7 Hybrid dan Eliminator7 Hybrid, baterainya akan ditempatkan tepat diatas mesin dan box intake udara dipindah kebelakang. Sehingga proporsinya masih seperti motor normal, bahkan Eliminator yang punya ground clearance lebih rendah.

Kawasaki Eliminator

Pakai 2 Tangki Bahan Bakar?

Jadi tangkinya akan tepat berada dipaling atas yang ada 2 tangki berbahan plastik. Namun yang jadi pertanyaan adalah… jika baterainya ditempatkan diatas mesin pas, apakah aman jika terkena panas dari mesin? Kawasaki mengakalinya dengan cara memperlebar bodinya agar bisa dipasangi pendingin. Tapi itu untuk Eliminator yang memiliki ruang lebih terbatas.

Versys masih akan memakai satu tangki yang membungkus bagian atas baterai, pasti jauh lebih sederhana. Mungkin juga dimensinya diperlebar, tapi digambarnya tidak diperlihatkan.

Pada model yang ingin dikembangkan itu tampaknya memboyong jantung yang sama, yakni mesin 2 silinder parallel-twin 451cc dengan sistem hybrid. Mirip seperti Ninja 7 Hybrid dan Z7 Hybrid mampu memuntahkan tenaga sampai 69 Hp dan torsi 59,7 Nm. Dikawinkan dengan transmisi semi otomatis.

Daffa Raihanza Fauzan

Recent Posts

Kawasaki Ninja ZX-10RR Model Tahun 2025, Harga Hampir Rp 500 Juta

Sportbike Kawasaki Ninja ZX-10RR baru saja mendapat pembaruan untuk pasar internasional yakni Amerika untuk model…

3 days ago

Mesin Mirip Honda BeAT Berwujud Motor Sport? Honda Navi Resmi Dirilis

Honda di Amerika Utara baru saja kembali meluncurkan motor unik, bernama Honda Navi yang bermesin…

3 days ago

Yamaha Jupiter Masih Dijual dengan Harga Rp 17 Jutaan? Makin Modern

Ternyata motor bebek Yamaha yang legendaris di Tanah Air yakni Jupiter masih dipasarkan di Vietnam.…

4 days ago

Honda BeAT Terbaru Diklaim Makin Ringan, Behelnya Berbahan Plastik?

AHM yang kemarin baru saja merilis skutik sejuta umat yakni All New Honda BeAT dengan…

4 days ago

Bergaya Ala Motor JDM Lawas, Kawasaki W800 Model Terbaru

Setelah 2 model retro klasik Kawasaki yang kemarin mendapat pembaruan di Indonesia. Kali ini model…

4 days ago

Yamaha Jepang Mengaku Telah Memalsukan Data Pengujian Motornya

Yamaha di Jepang telah mengaku dan juga minta maaf karena telah memalsukan data pengujian sejumlah…

5 days ago