Sepeda Motor

Honda CRF1100L Africa Twin Resmi Meluncur dengan Pembaruan untuk Model 2024

DRF.com – Pada motor petualang kelas atas salah satunya Honda CRF1100L Africa Twin yang telah mendapat pembaruan penting untuk model 2024 terbaru. Pada model baru ini bukan hanya hadir dengan warna baru saja, melainkan ada sejumlah pembaruan atau penyempurnaan pada bagian mesin untuk performa yang lebih baik dibanding model sebelumnya.

Penyempurnaan pada Sektor Mesin

Rincian pembaruan di mesinnya yaitu pada rasio kompresi yang ditingkatkan dari 10,1:1 menjadi 10,5:1 dan konsumsi BBM-nya jadi lebih irit, penyesuaian timing klep dan diameter pipa intake lebih besar yang awalnya berukuran 29 mm menjadi 35 mm, Ecu-nya disetel ulang sehingga dapat menghasilkan sekitar 112 Nm, awalnya di 105 Nm serta rasio lebih tinggi 6,5 persen dan putaran mesin lebih rendah dari 6.250 rpm menjadi 5.500 rpm. Hal ini memungkinkan motornya dapat meraih torsi puncak dan tenaga dengan lebih cepat.

Honda CRF1100L Africa Twin 2024 Colors

Honda CRF1100L Africa Twin ditawarkan dalam 2 pilihan transmisi, yang paling ditonjolkan dengan transmisi DCT-nya (Dual-Clutch Transmission) dan satu lagi dengan transmisi MT atau Manual Transmission biasa. Pada transmisi DCT ini telah diperbarui agar pada saat start dan berjalan di kecepatan rendah akan menjadi lebih halus.

Desain Tetap Sama dari Tahun 2021

Motor bergaya adventure ini mempunyai desain yang tetap sama dari tahun 2021, pada model 2024 ini hanya hadir dengan warna baru saja yang menyegarkan tampilannya. Pada model baru ini ada 2 pilihan tipe yakni Adventure Sports ES yang lebih berfokus untuk penggunaan di jalan aspal yang mulus dengan velg jari-jari berukuran 19 inci di depan dan 18 inci di belakang dengan ban untuk aspal dan bodi depannya di desain lebih aerodinamis. Sedangkan varian biasanya punya ban dual-purpose dan desain bodi depannya berbeda.

Material yang digunakan untuk membuat fairing/bodi motor ini menggunakan material Durabio, yakni bahan bioplastik yang ramah lingkungan. Bagian fiturnya ada layar TFT color dengan 5 tingkat kecerahan layar, lampu sein otomatis, skid plate baru yang lebih besar serta ada penambahan perangkat onboard ETC 2.0 untuk pemilik motor ini yang ingin menambahkan aksesoris akan menjadi lebih mudah.

Honda CRF1100L Africa Twin 2024 Panel Instrument

Untuk pilihan warna yang dipasarkan di Jepang akan tetap sama antara lain, Grand Prix Red di tipe standar dengan harga 1.749.000 yen atau sekitar Rp 183,6 jutaan dan warn Pearl Glare White di tipe Adventure Sports ES dengan banderol harga 1.947.000 yen atau setara Rp 204,4 jutaan. Harga keduanya untuk pilihan transmisi DCT.

Daffa Raihanza Fauzan

Recent Posts

Model Terbaru Suzuki Burgman 400 Resmi Hadir, Harganya Gak Sampai Rp 90 Jutaan!

DRF.com - Suzuki Jepang kembali merilis skutik gambot, yakni Burgman 400 yang dapat model baru…

12 hours ago

Peringati Umur 140 Tahun Piaggio, Vespa Luncurkan GTV Edisi Spesial!

DRF.com - Edisi spesial dari Vespa GTV meluncur untuk peringati ulang tahun Piaggio ke-140 tahun…

1 day ago

Modifikasi Royal Enfield Meteor 350 Jadi Cruiser ‘Shotgun 350’

DRF.com - Peluncuran Royal Enfield Shotgun 650 yang cukup menarik perhatian banyak orang dengan tampilan…

2 days ago

Rp 70 Jutaan, Suzuki V-Strom 250 Meluncur dengan Pilihan Warna Baru

DRF.com - Suzuki yang punya motor sport-touring bermesin 2 silinder 250cc, yakni V-Strom 250 kini…

4 days ago

Tiru Gaya Motor Cruiser Amerika, Dayang TMV 450 Timo Resmi Dikenalkan

DRF.com - Sebuah pabrikan motor asal China, Dayang kembali merilis motor baru yang dinamai TMV…

4 days ago

Kolaborasi dengan FILA, Yamaha Fazzio Edisi Terbatas Tampil Makin Stylish

DRF.com - Yamaha Thailand telah berkolaborasi dengan brand fashion terkenal yakni FILA, yang meluncurkan Fazzio…

5 days ago