Motor Listrik

TAILG Jidi Powered by Kofa : Motor Listrik yang Dibangun Khusus untuk Mobilitas di Afrika

DRF.com – Inovasi terhadap motor listrik kini semakin berkembang di banyak negara, karena kepraktisan, ramah lingkungan dan perawatan yang mudah. Salah satunya pabrikan asal Ghana, yakni Kofa yang bekerja sama dengan pabrikan motor listrik asal Tiongkok TAILG yang merilis TAILG Jidi Powered by Kofa.

Dirancang Khusus

Dengan mengusung tagline “Designed in Ghana. Built for Africa” yang berarti mempunyai kinerja dan jangkauan jarak tempuh yang baik, serta memiliki daya tahan yang dapat diandalkan. Motor listrik ini dibangun untuk siap menghadapi iklim yang ekstrem di Afrika.

Karena namanya “Powered by Kofa”, TAILG Jidi dibekali baterai dari Kore2 Kofa yang dapat menempuh jarak sampai 100 Km. Baterainya juga dapat ditukar dengan mudah di Swap & Go Station milik pabrikan tersebut yang membutuhkan waktu hanya 30 detik saja.

TAILG Jidi Powered by Kofa Colors

Performa Motor Listriknya

Molis tersebut didukung oleh motor dinamo 72V yang terpasang di tengah, dengan motor tersebut dapat melaju hingga 85 Km/j. Dengan angka performa diatas kertas tersebut, Ia mempunyai performa yang setara dengan motor bermesin 125cc.

TAILG Jidi juga mempunyai pilihan mode berkendara yang dapat disesuaikan oleh pengendaranya agar bisa kinerja motor listrik ini lebih optimal pada medan yang dilaluinya. Kofa mengatakan kalau biaya pengeluarannya berkurang sampai 30 persen jika dibandingkan motor bensin konvensional, dan sekaligus mengurangi emisi karbon.

TAILG Jidi Powered by Kofa Details

Bicara soal desainnya, Jidi tampil dengan bodi yang futuristis tidak banyak lekukan sehingga terlihat kokoh juga. Bagian rangkanya diekspos terlihat di bawah, dengan kaki-kaki suspensi teleskopik standar dan sepasang suspensi di belakang serta bagian rodanya dibalut ban dual-purpose.

Fitur dan Harga

Jidi mempunyai model jok yang panjang, praktis dapat membonceng orang dengan luas dan dapat mengangkut barang bawaan dengan nyaman. Ada juga fitur lain seperti port USB charger, penerangan full LED, pengereman CBS (Combi Brake System).

Motor listrik ini dirancang untuk perawatan yang mudah dan umur panjang, karena mobilitas di Afrika yang dibutuhkan. Sayangnya, sampai saat ini pihak Kofa belum membeberkan harga TAILG Jidi ini. Tapi pabrikan tersebut mengatakan kalau mereka mengklaim harganya akan lebih hemat sampai 30 persen jika dibandingkan motor konvensional.

Daffa Raihanza Fauzan

View Comments

Recent Posts

Hanya Ada 65 Unit! Motor Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Resmi Meluncur

DRF.com - Crescent Yamaha baru saja meluncurkan sebuah motor replika yang dijual sangat terbatas, dinamai…

6 hours ago

Honda Forza 750 : Forza Paling Kencang Ini Dapat Fitur dan Warna Baru!

DRF.com - Skutik bongsor Honda Forza 750 model 2024 telah meluncur dengan warna dan juga…

1 day ago

Cuma Rp 60 Jutaan?! Suzuki Luncurkan GSX-250R dengan Sejumlah Pembaruan

DRF.com - Suzuki Jepang baru saja mengumumkan salah satu produk motor sport full-fairingnya, yakni Suzuki…

1 day ago

Dapat Warna Baru! Motor Sport Naked Suzuki GSX-S950 Model 2024

DRF.com - Sebuah motor sport naked dari Suzuki, yakni GSX-S950 yang hadir sejak tahun 2021…

2 days ago

Motor Bobber Baru Yamaha Bolt R-Spec Model 2024, Harganya Rp 140 Jutaan!

DRF.com - Yamaha punya motor bergaya bobber retro klasik dengan nama Bolt R-Spec yang telah…

2 days ago

Kawasaki Ninja ZX-4R dan RR Dapat Recall karena Masalah di Busi

DRF.com - Kawasaki Amerika memberikan informasi soal recall motor sport Ninja ZX-4R dan ZX-4RR produksi…

2 days ago